Nama :
Novia Tesalonika
NIM : 150341607673
Offering : B
Teori konstruktivisme menurut para ahli:
1.
Menurut Tran Vui, teori konstruktivisme adalah
teori yang memberikan kebebasan terhadap manusia. Selain itu menurut Tran Vui,
belajar bukan hanya sekedar menghafal tetapi membangun pengetahuan. Teori konstruktivisme
ini memiliki tujuan, yaitu agar siswa memiliki motivasi belajar sebagai rasa
tanggung jawab.
2.
Menurut John Dewey, pada teori konstruktivisme
ini seorang guru bertindak sebagai fasilitator dalam proses pembelajaran yang
bertujuan agar siswa dapat mencapai tujuannya dengan maksimal.
3.
Menurut John Piaget, dalam teori kosntruktivisme
terdapat beberapa penyeimbang yaitu asimilasi, akomodasi, dan equilibrasi.
4.
Menurut Vygotsky, proses pembelajaran dalam
teori konstruktivisme bukan hanya terjadi di dalam kelas saja, tetapi belajar
juga dilakukan antara lingkungan sosial dengan siswa.
Ciri-ciri teori konstruktivisme yaitu:
·
Memberi peluang kepada siswa dalam memperoleh
pengetahuan
·
Menggalakkan proses inkuiri murid melalui
eksperimen
·
Menggalakkan siswa agar aktif bertanya
·
Proses belajar lebih ditekankan
·
Menyokong pembelajaran yang kooperatif
Dalam teori konstruktivisme juga
terdapat prinsip-prinsip dalam penerapannya, yaitu:
a.
Pengetahuan dibangun oleh siswa sendiri
b.
Pengetahuan didapat dari pengetahuan siswa
c.
Guru hanya membantu menyediakan sarana dan
situasi agar proses konstruksi berjalan lancar
d.
Menghadapi masalah yang relevan dengan siswa
e.
Mencari dan menilai pendapat siswa
1.
Menyesuaikan kurikulum
Dalam pelaksanaannya, teori ini membutuhkan implementasi
pendekatan agar tujuan dalam pembelajaran tercapai dengan teori konstruktivisme
ini, yaitu:
1.
Apersepsi: siswa didorong untuk aktif dalam
kelas dengan cara guru memberikan stimulus kepada siswanya sehingga siswa
memberikan timbal balik yang akan menjadikan siswa tersebut aktif.
2.
Eksplorasi: mengamati fakta-fakta yang terjadi
di lingkungan dan sesuai dengan apa yang dipelajari.
3.
Diskusi dan penjelasan konsep: membahas bersama
atau menjelaskan suatu konsep pelajaran agar dapat dipahami dan tidak
menimbulkan kesalahpahaman pada peserta didik.
4.
Pengembangan dan aplikasi: mengembangkan dan
menerapkan apa yang telah dipelajari pada sebuah pembelajaran.
Komentar
Posting Komentar