Gerak Benda dan Makhluk Hidup (1)

Gambar
A. KONSEP GERAK Benda dapat dikatakan bergerak apabila mengalami perubahan posisi dari suatu titik acuan. Benda yang bergerak akan melalui suatu lintasan tertentu. Lintasan dapat berupa lintasan yang lurus, melingkar atau parabola, ataupun tidak beraturan. 1. JARAK DAN PERPINDAHAN Untuk memahami perbedaan jarak dan perpindahan, pahami ilustrasi berikut! Jarak rumah siswa dan sekolah adalah 2,5 km. Jika siswa pergi dan pulang sekolah maka jarak yang ditempuhnya adalah 5 km.  Akan tetapi perpindahan siswa adalah 0 karena tidak ada selisih posisi awal dan akhir tidak ada. Sehingga: a.  Jarak   adalah panjang lintasan yang ditempuh oleh benda. b.  Perpindahan  adalah selisih jarak lurus antara posisi awal dengan posisi akhir. 2. KELAJUAN, KECEPATAN, DAN PERCEPATAN a. Kelajuan adalah kemampuan suatu benda bergerak dalam menempuh jarak tertentu pada setiap satuan waktu. Kelajuan dirumuskan sebagai berikut: Keterangan: v = kelajuan (m/s) s = jarak tempuh (m) t = waktu...

REFLEKSI - Teori Behavioristik

Nama     : Novia Tesalonika
NIM       : 150341607673
Offering : B

Teori behavioristik menjelaskan bahwa belajar merupakan sebuah perubahan tingkah laku yang dapat diukur, diamati, dan dinilai secara konkret. Perubahan tingkah laku dalam belajar disebabkan oleh rangsangan (stimulans) yang menyebabkan atau memulai keinginan murid untuk belajar. Dengan adanya stimulans tersebut, maka diperoleh sebuah respon dalam bentuk kemampuan anak sesudah melakukan pembelajaran. 
Hasil yang diharapkan dari penerapan teori behavioristik ini adalah tebentuknya suatu perilaku yang diinginkan. Perilaku yang diinginkan mendapat penguatan positif dan perilaku yang kurang sesuai mendapat penghargaan negatif. Evaluasi atau penilaian didasari atas perilaku yang tampak.
Dari teori behavioristik ini saya mengetahui bahwa menjadi seorang guru bukan hanya mengamati perubahan tingkah laku dari para peserta didik, namun juga membantu peserta didik agar dapat mencapai tujuan untuk berperilaku positif. Namun dalam teori behavioristik ini membuat murid menjadi bosan, karena murid hanya memperhatikan guru saja karena guru sebagai pusat perhatian.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

CERKAK: Budi Anak Petani

PKN KELAS X : KEDUDUKAN PEMBUKAAN UUD 1945

PKN KELAS X : WARGA NEGARA DAN PEWARGANEGARAAN