REFLEKSI - Teori Behavioristik
Nama : Novia Tesalonika
NIM : 150341607673
Offering : B
Teori behavioristik menjelaskan bahwa belajar merupakan
sebuah perubahan tingkah laku yang dapat diukur, diamati, dan dinilai secara
konkret. Perubahan tingkah laku dalam belajar disebabkan oleh rangsangan
(stimulans) yang menyebabkan atau memulai keinginan murid untuk belajar. Dengan
adanya stimulans tersebut, maka diperoleh sebuah respon dalam bentuk kemampuan
anak sesudah melakukan pembelajaran.
Hasil yang
diharapkan dari penerapan teori behavioristik ini adalah tebentuknya suatu
perilaku yang diinginkan. Perilaku yang diinginkan mendapat penguatan positif
dan perilaku yang kurang sesuai mendapat penghargaan negatif. Evaluasi atau
penilaian didasari atas perilaku yang tampak.
Dari teori
behavioristik ini saya mengetahui bahwa menjadi seorang guru bukan hanya
mengamati perubahan tingkah laku dari para peserta didik, namun juga membantu
peserta didik agar dapat mencapai tujuan untuk berperilaku positif. Namun dalam
teori behavioristik ini membuat murid menjadi bosan, karena murid hanya
memperhatikan guru saja karena guru sebagai pusat perhatian.
Komentar
Posting Komentar