REFLEKSI - Teori Behavioristik

Nama     : Novia Tesalonika
NIM       : 150341607673
Offering : B

Teori behavioristik menjelaskan bahwa belajar merupakan sebuah perubahan tingkah laku yang dapat diukur, diamati, dan dinilai secara konkret. Perubahan tingkah laku dalam belajar disebabkan oleh rangsangan (stimulans) yang menyebabkan atau memulai keinginan murid untuk belajar. Dengan adanya stimulans tersebut, maka diperoleh sebuah respon dalam bentuk kemampuan anak sesudah melakukan pembelajaran. 
Hasil yang diharapkan dari penerapan teori behavioristik ini adalah tebentuknya suatu perilaku yang diinginkan. Perilaku yang diinginkan mendapat penguatan positif dan perilaku yang kurang sesuai mendapat penghargaan negatif. Evaluasi atau penilaian didasari atas perilaku yang tampak.
Dari teori behavioristik ini saya mengetahui bahwa menjadi seorang guru bukan hanya mengamati perubahan tingkah laku dari para peserta didik, namun juga membantu peserta didik agar dapat mencapai tujuan untuk berperilaku positif. Namun dalam teori behavioristik ini membuat murid menjadi bosan, karena murid hanya memperhatikan guru saja karena guru sebagai pusat perhatian.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hakikat Ilmu Sains: Memahami Dunia Melalui Ilmu Pengetahuan

Dari Bayi Hingga Dewasa: Begini Cara Tubuh Kita Bertumbuh dan Berkembang

CERKAK: Budi Anak Petani