Gerak Benda dan Makhluk Hidup (1)

Gambar
A. KONSEP GERAK Benda dapat dikatakan bergerak apabila mengalami perubahan posisi dari suatu titik acuan. Benda yang bergerak akan melalui suatu lintasan tertentu. Lintasan dapat berupa lintasan yang lurus, melingkar atau parabola, ataupun tidak beraturan. 1. JARAK DAN PERPINDAHAN Untuk memahami perbedaan jarak dan perpindahan, pahami ilustrasi berikut! Jarak rumah siswa dan sekolah adalah 2,5 km. Jika siswa pergi dan pulang sekolah maka jarak yang ditempuhnya adalah 5 km.  Akan tetapi perpindahan siswa adalah 0 karena tidak ada selisih posisi awal dan akhir tidak ada. Sehingga: a.  Jarak   adalah panjang lintasan yang ditempuh oleh benda. b.  Perpindahan  adalah selisih jarak lurus antara posisi awal dengan posisi akhir. 2. KELAJUAN, KECEPATAN, DAN PERCEPATAN a. Kelajuan adalah kemampuan suatu benda bergerak dalam menempuh jarak tertentu pada setiap satuan waktu. Kelajuan dirumuskan sebagai berikut: Keterangan: v = kelajuan (m/s) s = jarak tempuh (m) t = waktu...

REFLEKSI - Teori Kognitif

Nama               : Novia Tesalonika
NIM                : 150341607673
Offering          : B

            Teori kognitif lebih mengacu pada pikiran seseorang yaitu mental atau aspek kejiwaan. Pada teori kognitif, terdapat beberapa jenis pengetahuan yaitu: Pengetahuan deklaratif, pengetahuan prosedural, dan pengetahuan kondisional. Dalam jenis-jenis pengetahuan tersebut, menjelaskan tentang darimana pengetahuan itu didapatkan dan bagaimana menggunakannya.
            Teori kognitif menurut Gestalt ada 5, yaitu:
1.        Insight: adalah bagian pokok yang dipelajari dalam suatu pelajaran.
2.        Meaningful learning: mengaitkan suatu pengetahuan dengan fenomena-fenomena yang faktual.
3.        Purpose behavior: mengetahui tujuan belajar yang dilakukan.
4.        Life space: mengaitkan pengetahuan dengan prinsip-prinsip belajar.
5.        Transfer: ketika sudah memiliki pengetahuan, dapat memanfaatkan atau menerapkannya, selain itu juga mampu menghadapi masalah yang ada.
Menurut Ausubel, ada beberapa hal pengatur kemajuan belajar atau advance organizer yaitu:
-       Belajar dengan penemuan yang bermakna
-       Belajar dengan ceramah yang bermakna
-       Belajar dengan penemuan tidak bermakna
-       Belajar dengan ceramah tidak bermakna
Jean Piaget menyebutkan 4 perkembangan intelektual atau mental pada anak di usia tertentu, yaitu:
-       Tahap sensor-motor (0-2 th)
-       Tahap pre-operasional (2-7 th)
-       Tahap concrete-operasional (7-11 th)
-       Tahap formal-operasional (11 th-seterusnya)
Teori kognitif ini memiliki beberapa ruang lingkup, yaitu: sensasi presepsi, atensi, bahasa, pemecahan, dan kreativitas.  Dalam teori kognitif juga terdapat beberapa prinsip, yaitu:
1.    Pembelajaran aktif
2.    Pemahaman dari yang diketahui
3.    Memahami dari rekaman
4.    Perubahan mental
Dengan adanya prinsip-prinsip tersebut, tentunya ada kekurangan dan kelebihan dalam penerapannya, yaitu:
Kelebihan
-       Menjadikan siswa kreatif dan mandiri
-       Membantu siswa memaahami bahan belajar
-       Lebih mengenali siswa
-       Lebih maksimal dalam mengembangkan kemampuan siswa
Kekurangan
-       Menganggap bahwa kemampuan setiap peserta didik sama
-       Peserta didik tidak mengerti materi sepenuhnya


Komentar

Postingan populer dari blog ini

CERKAK: Budi Anak Petani

PKN KELAS X : KEDUDUKAN PEMBUKAAN UUD 1945

PKN KELAS X : WARGA NEGARA DAN PEWARGANEGARAAN