Gerak Benda dan Makhluk Hidup (1)

Gambar
A. KONSEP GERAK Benda dapat dikatakan bergerak apabila mengalami perubahan posisi dari suatu titik acuan. Benda yang bergerak akan melalui suatu lintasan tertentu. Lintasan dapat berupa lintasan yang lurus, melingkar atau parabola, ataupun tidak beraturan. 1. JARAK DAN PERPINDAHAN Untuk memahami perbedaan jarak dan perpindahan, pahami ilustrasi berikut! Jarak rumah siswa dan sekolah adalah 2,5 km. Jika siswa pergi dan pulang sekolah maka jarak yang ditempuhnya adalah 5 km.  Akan tetapi perpindahan siswa adalah 0 karena tidak ada selisih posisi awal dan akhir tidak ada. Sehingga: a.  Jarak   adalah panjang lintasan yang ditempuh oleh benda. b.  Perpindahan  adalah selisih jarak lurus antara posisi awal dengan posisi akhir. 2. KELAJUAN, KECEPATAN, DAN PERCEPATAN a. Kelajuan adalah kemampuan suatu benda bergerak dalam menempuh jarak tertentu pada setiap satuan waktu. Kelajuan dirumuskan sebagai berikut: Keterangan: v = kelajuan (m/s) s = jarak tempuh (m) t = waktu...

REFLEKSI - Teori Humanisme

Nama               : Novia Tesalonika
NIM                : 150341607673
Offering          : B

Humanisme merupakan teori yang lebih melihat sisi perkembangan kepribadian manusia dan bagaimana manusia membangun dirinya untuk melakukan hal-hal yang bersifat positif. Teori humanisme ini cocok dengan materi kepribadian, hati nurani, dan perubahan sikap.
Teori humanisme menurut beberapa ahli yaitu:
1.      Arthur Comb: perilaku yang tidak baik terjadi karena ketidakmauan seseorang untuk berubah atau melakukan hal yang tidak disenanginya.
2.      Abraham Moslow: pemenuhan kebutuhan berpengaruh terhadap proses belajar seorang siswa. Suatu hal positif untuk berkembang dan kekuatan melawan hambatan dalam berkembang.
3.      Carl Rogers: menyebut humanis sebab percaya bahwa setiap individu adalah positif, serta menolak teori freud dan behaviorisme. Selain itu, Carl Rogers juga menekankan sikap saling menghargai dan tanpa prasangka.
Struktur kepribadian yaitu organisme, medan fenomena, self.
Hal yang mempengaruhi self yaitu: kesadaran, kebutuhan pemeliharaan, peningkatan diri, positif self-regard.
Dalam teori humanisme ini mengedepankan self eficiacy menurut teori Bandura, yaitu keyakinan individu mengenai kemampuan dirinya dalam melakukan tindakan yang diperlukan untuk mencapai hasil dalam pembelajaran.
Faktor yang mempengaruhi self eficiacy yaitu :
  • -          Kemampuan yang dituntut oleh situasi yang berbeda
  • -          Kehadiran orang lain
  • -          Keadaan fisiologis dan emosional.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

CERKAK: Budi Anak Petani

PKN KELAS X : KEDUDUKAN PEMBUKAAN UUD 1945

PKN KELAS X : WARGA NEGARA DAN PEWARGANEGARAAN