Gerak Benda dan Makhluk Hidup (1)

Gambar
A. KONSEP GERAK Benda dapat dikatakan bergerak apabila mengalami perubahan posisi dari suatu titik acuan. Benda yang bergerak akan melalui suatu lintasan tertentu. Lintasan dapat berupa lintasan yang lurus, melingkar atau parabola, ataupun tidak beraturan. 1. JARAK DAN PERPINDAHAN Untuk memahami perbedaan jarak dan perpindahan, pahami ilustrasi berikut! Jarak rumah siswa dan sekolah adalah 2,5 km. Jika siswa pergi dan pulang sekolah maka jarak yang ditempuhnya adalah 5 km.  Akan tetapi perpindahan siswa adalah 0 karena tidak ada selisih posisi awal dan akhir tidak ada. Sehingga: a.  Jarak   adalah panjang lintasan yang ditempuh oleh benda. b.  Perpindahan  adalah selisih jarak lurus antara posisi awal dengan posisi akhir. 2. KELAJUAN, KECEPATAN, DAN PERCEPATAN a. Kelajuan adalah kemampuan suatu benda bergerak dalam menempuh jarak tertentu pada setiap satuan waktu. Kelajuan dirumuskan sebagai berikut: Keterangan: v = kelajuan (m/s) s = jarak tempuh (m) t = waktu...

REFLEKSI - Konsep dan Prinsim Pembelajaan PAKEM

PAKEM adalah pembelajaran yang aktif dan kreatif. Siswa berinteraksi aktif dengan lingkungan dan membangun kreativitas siswa. Guru juga harus membangunkan semangat belajar pada siswa. Guru dituntut untuk merancang model pembelajaran yang kreatif agar siswa tidak bosan. Pembelajaran PAKEM merupakan pembelajaran yang:
Efektif: pembelajaran yg aktif dan kreatif dapat meningkatkan efektifitas pembelajaran.
Menyenangkan: pembelajaran dirancang untuk menciptakan suasana yang menyenangkan.
Alasan penerapan PAKEM yaitu dilatarbelakangi oleh kenyataan  bahwa pelajaran konvensional dinilai sangat menjemukan, kurang menarik sehingga penguasaan materi kurang optimal.
Ciri PAKEM dalam pembelajaran yaitu:
1. Mengaktifkan peserta didik
2. Mendorong kreativitas peserta didik dan guru. Subjek belajar memproduksi gagasan yang difasilitasi oleh guru.
3. Pembelajarannya efektif
Prinsip PAKEM
1. Mengalami
2. Komunikasi
3. Interaksi
4. Refleksi
Proses pembelajaran pakem:
1. Penilaian yang sesuai dengan model pakem adalah penilaian otentik
2. Tujuan penilaian otentik untuk menilai kemampuan individu melalui tugas tertentu
3. Bentuk penilaian tes dapat lisan, tertulis, dan perbuatan
Syarat PAKEM
1. Memahami sifat yang dimiliki anak
2. Mengenal anak secara perorangan
3. Memanfaatkan perilaku anak dalam pengorganisasian belajar
4. Mengembangkan kemampuan berpikir kritis, kreatif, dan kemampuan memecahkan masalah
5. Mengembangkan ruang kelas sebagai lingkungan belajar yang menarik
6. Memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar
7. Memberikan umpain balik yang baik untuk meningkatkan komentar belajar
8. Membedakan antara aktif fisik dan aktif mental
Pelaksanaan pakem yaitu dengan adanya guru yang menggunakan alat bantu dan sumber belajar yang beragam seperti gambar, studi kasus, narasumber, lingkungan, lcd; melakukan percobaan pengamatan dan wawancar; guru memberi kesempatan siswa untuk mengungkapkan gagasannya sendiri secara lisan atau tulisan; dan diskusi.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

CERKAK: Budi Anak Petani

PKN KELAS X : KEDUDUKAN PEMBUKAAN UUD 1945

PKN KELAS X : WARGA NEGARA DAN PEWARGANEGARAAN