REFLEKSI - Perkembangan Kurikulum di Indonesia

Nama              : Novia Tesalonika
NIM                : 150341607673
Offering          : B
Matkul            : Belajar dan Pembelajaran

Pada pertemuan kali ini, saya mempelajari tentang perkembangan kurikulum di Indonesia. Kurikulum sendiri merupakan rencana pendidikan yang berfungsi untuk mencapai tujuan pendidikan yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa. Hal tersebut tertulis di dalam Pembukaan UUD 1945. Cerdas yang dimaksud adalah memiliki intelektual yang tinggi, dapat menyelesaikan permasalahan dengan tepat, dan tidak hanya pintar saja namun juga baik dalam value dan moral.
Tujuan pendidikan harus ada dalam pembelajaran, seperti pada UUD No. 20 Th. 2003 pasal 3 bahwa  “Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab”. Jadi, untuk mencapai sebuah tujuan pendidikan, kita harus menerapkan tujuan pendidikan tersebut dalam proses pembelajaran.
Dalam sebuah lembaga pembelajaran, pasti memiliki sebuah tujuan pendidikan yang akan diterapkan dalam lembaga tersebut. Misalnya di Universitas Negeri Malang (UM), sebagai The Learning University. Maksud dari The Learning University adalah bahwa UM memiliki tujuan sebagai learning organization dan learning resource. Dalam learning organization, keterlibatan semua unsur (organism) di dalam sistem organisasi itu mengedepankan aspirasi, pengembangan kepedulian, dan pengembangan kapabilitas mereka bersama, sehingga system organisasi UM dan unsur-unsurnya dapat (mem)belajar(kan) satu sama lain. Misi pengembangan diri ini merupakan prasyarat bagi UM untuk mengemban misi utama membelajarkan masyarakat, sehingga UM menjadi learning resources center bagi semua warga masyarakat segala lapisan. Ini mengandung arti bahwa UM membuka akses seluas-luasnya sebagai tempat dan rujukan belajar bagi semua. Oleh karena itu, strategi implementasi The learning university mengarah pada pengembangan sebagai learning organization dan learning resource.
Sebuah kurikulum tidak hanya berfungsi untuk mencapai tujuan pendidikan saja, namun dalam prosesnya harus disampaikan dan dikembangkan nilai moral, nilai intelektual, dan spiritual pada peserta didik agar menjadi sumber daya manusia yang unggul dan peduli dengan sesama.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hakikat Ilmu Sains: Memahami Dunia Melalui Ilmu Pengetahuan

Dari Bayi Hingga Dewasa: Begini Cara Tubuh Kita Bertumbuh dan Berkembang

CERKAK: Budi Anak Petani