Matkul : Belajar dan Pembelajaran
Pada
pertemuan kali ini, saya mempelajari tentang perkembangan kurikulum di
Indonesia. Kurikulum sendiri merupakan rencana pendidikan yang berfungsi untuk
mencapai tujuan pendidikan yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa. Hal tersebut
tertulis di dalam Pembukaan UUD 1945. Cerdas yang dimaksud adalah memiliki
intelektual yang tinggi, dapat menyelesaikan permasalahan dengan tepat, dan
tidak hanya pintar saja namun juga baik dalam value dan moral.
Tujuan
pendidikan harus ada dalam pembelajaran, seperti pada UUD No. 20 Th. 2003 pasal
3 bahwa “Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan dan membentuk
watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan
kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar
menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak
mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang
demokratis serta bertanggung jawab”. Jadi, untuk mencapai sebuah tujuan
pendidikan, kita harus menerapkan tujuan pendidikan tersebut dalam proses
pembelajaran.
Dalam
sebuah lembaga pembelajaran, pasti memiliki sebuah tujuan pendidikan yang akan
diterapkan dalam lembaga tersebut. Misalnya di Universitas Negeri Malang (UM),
sebagai The Learning
University. Maksud dari The Learning University adalah bahwa UM
memiliki tujuan sebagai learning organization dan learning resource. Dalam
learning organization, keterlibatan
semua unsur (organism) di dalam
sistem organisasi itu mengedepankan aspirasi, pengembangan kepedulian, dan
pengembangan kapabilitas mereka bersama, sehingga system organisasi UM dan
unsur-unsurnya dapat (mem)belajar(kan) satu sama lain. Misi pengembangan diri ini
merupakan prasyarat bagi UM untuk mengemban misi utama membelajarkan
masyarakat, sehingga UM menjadi learning resources center bagi
semua warga masyarakat segala lapisan. Ini mengandung arti bahwa UM membuka
akses seluas-luasnya sebagai tempat dan rujukan belajar bagi semua. Oleh karena
itu, strategi implementasi The learning university mengarah
pada pengembangan sebagai learning organization dan learning
resource.
Sebuah
kurikulum tidak hanya berfungsi untuk mencapai tujuan pendidikan saja, namun
dalam prosesnya harus disampaikan dan dikembangkan nilai moral, nilai
intelektual, dan spiritual pada peserta didik agar menjadi sumber daya manusia
yang unggul dan peduli dengan sesama.
Komentar
Posting Komentar