Gerak Benda dan Makhluk Hidup (1)

Gambar
A. KONSEP GERAK Benda dapat dikatakan bergerak apabila mengalami perubahan posisi dari suatu titik acuan. Benda yang bergerak akan melalui suatu lintasan tertentu. Lintasan dapat berupa lintasan yang lurus, melingkar atau parabola, ataupun tidak beraturan. 1. JARAK DAN PERPINDAHAN Untuk memahami perbedaan jarak dan perpindahan, pahami ilustrasi berikut! Jarak rumah siswa dan sekolah adalah 2,5 km. Jika siswa pergi dan pulang sekolah maka jarak yang ditempuhnya adalah 5 km.  Akan tetapi perpindahan siswa adalah 0 karena tidak ada selisih posisi awal dan akhir tidak ada. Sehingga: a.  Jarak   adalah panjang lintasan yang ditempuh oleh benda. b.  Perpindahan  adalah selisih jarak lurus antara posisi awal dengan posisi akhir. 2. KELAJUAN, KECEPATAN, DAN PERCEPATAN a. Kelajuan adalah kemampuan suatu benda bergerak dalam menempuh jarak tertentu pada setiap satuan waktu. Kelajuan dirumuskan sebagai berikut: Keterangan: v = kelajuan (m/s) s = jarak tempuh (m) t = waktu...

REFLEKSI - Perkembangan Kurikulum di Indonesia

Nama              : Novia Tesalonika
NIM                : 150341607673
Offering          : B
Matkul            : Belajar dan Pembelajaran

Pada pertemuan kali ini, saya mempelajari tentang perkembangan kurikulum di Indonesia. Kurikulum sendiri merupakan rencana pendidikan yang berfungsi untuk mencapai tujuan pendidikan yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa. Hal tersebut tertulis di dalam Pembukaan UUD 1945. Cerdas yang dimaksud adalah memiliki intelektual yang tinggi, dapat menyelesaikan permasalahan dengan tepat, dan tidak hanya pintar saja namun juga baik dalam value dan moral.
Tujuan pendidikan harus ada dalam pembelajaran, seperti pada UUD No. 20 Th. 2003 pasal 3 bahwa  “Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab”. Jadi, untuk mencapai sebuah tujuan pendidikan, kita harus menerapkan tujuan pendidikan tersebut dalam proses pembelajaran.
Dalam sebuah lembaga pembelajaran, pasti memiliki sebuah tujuan pendidikan yang akan diterapkan dalam lembaga tersebut. Misalnya di Universitas Negeri Malang (UM), sebagai The Learning University. Maksud dari The Learning University adalah bahwa UM memiliki tujuan sebagai learning organization dan learning resource. Dalam learning organization, keterlibatan semua unsur (organism) di dalam sistem organisasi itu mengedepankan aspirasi, pengembangan kepedulian, dan pengembangan kapabilitas mereka bersama, sehingga system organisasi UM dan unsur-unsurnya dapat (mem)belajar(kan) satu sama lain. Misi pengembangan diri ini merupakan prasyarat bagi UM untuk mengemban misi utama membelajarkan masyarakat, sehingga UM menjadi learning resources center bagi semua warga masyarakat segala lapisan. Ini mengandung arti bahwa UM membuka akses seluas-luasnya sebagai tempat dan rujukan belajar bagi semua. Oleh karena itu, strategi implementasi The learning university mengarah pada pengembangan sebagai learning organization dan learning resource.
Sebuah kurikulum tidak hanya berfungsi untuk mencapai tujuan pendidikan saja, namun dalam prosesnya harus disampaikan dan dikembangkan nilai moral, nilai intelektual, dan spiritual pada peserta didik agar menjadi sumber daya manusia yang unggul dan peduli dengan sesama.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

CERKAK: Budi Anak Petani

PKN KELAS X : KEDUDUKAN PEMBUKAAN UUD 1945

Problem Solving